Category Archives: Pemerintah

12Feb/19

DISKOMINFO Ajukan Ranperda Penyelenggaraan Teknologi informasi dan komunikasi

morowalikab.go.id –BUNGKU   – (Selasa, 29/01/19), bertempat di Komisi I DPRD Kabupaten Morowali dilakukan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Morowali, tentang Penyelengaraan Pemerintahan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Ranperda yang sempat tertunda ini merupakan bentuk penguatan regulasi, arah dan landasan dalam mendukung terlaksananya good governance melalui sistem teknologi informasi dan komunikasi terpadu. Ranperda ini terdiri dari 9 BAB dan 29 Pasal merupakan usulan dinas teknis, Diskominfo.

Pembahasan Ranperda dipimpin oleh Ketua Komisi I, Harianto, dihadiri oleh Kadis Kominfo Drs. Abdurahman, Sekretaris Kominfo, Bachtiar Peohoa, Kabid IKP, Kary Marunduh, Kabid E-gov, Husni Rais, dan Kasi Pengelola Infrastruktur E-Gov, Mochhammad Taufik Akbar, serta diikuti oleh Kabag Hukum, Bahdin Baid.

Melalui penjelasan awal, Diskominfo menyampaikan pentingnya keberadaan Ranperda ini sebagai landasan atau payung hukum bagi pelaksanaan program strategis Diskominfo, yaitu: Rencana Induk E-Government dan Masterplan Kabupaten Morowali Smart City. Sebagai program strategis dinas, maka dibutuhkan payung hukum dalam pelaksanaannya, baik berupa Perda maupun Perbup.

“Ranperda merupakan bagian dari penguatan regulasi daerah terdapat program strategis Diskominfo, Rencana Induk e-gov dan Masterplan Smart City 2019-2028, yang merupakan implementasi dari Visi Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali “Mewujudkan Masyarakat Morowali Sejahtera Bersama”, jelas Kadis Kominfo.

Pihak legislatif menyambut baik usulan Ranperda yang diajukan Diskominfo dengan beberapa perbaikan sebelum diajukan ke provinsi untuk dilakukan verifikasi. Ketua Komisi I, Harianto menegaskan bahwa ranperda ini harus benar-benar fokus pada penyelenggaraan pemerintahan dengan basis e-government, utamanya dengan pengamanan data center agar tidak dapat dijebol.

Rapat pembahasan akhirnya ditunda dengan memberikan kesempatan kepada dinas pengusul, Diskominfo bersama Bagian Hukum untuk penyempurnaan Ranperda berdasarkan usulan yang ada. Rapat pembahasan akan dilanjutkan setelah penyempuraan ranperda telah selesai. (Kominfo/IKP – k4r7&tiya)

Continue reading